For Your Information

Let's make our world a better place.

5 Dampak Negatif Pemanasan Global

Gas rumah kaca bisa menetap di atmosfir selama beberapa tahun mulai dasawarsa hingga ratusan dan ribuan tahun. Tak penting apa yang kita lakukan, pemanasan global tetap mendatangkan dampak bagi Bumi. Berikut adalah 5 dampak mematikan pemanasan global.

5. Persebaran penyakit
Ketika negara utara menghangat, serangga yang membawa penyakit bermigrasi ke utara, membawa wabah dan penyakit bersama mereka. Sejumlah ilmuwan percaya bahwa di sejumlah negara berkat pemanasan global, malaria tak bisa dimusnahkan selamanya.

disesasecarryingmosquito


4. Perairan hangat dan lebih banyak badai
Ketika suhu lautan meningkat, lebih banyak badai dan semakin kuat. Kita melihatnya pada tahun 2004 dan 2005.

tankerwithhurricane

3. Kenaikan intensitas kekeringan dan gelombang panas
Meskipun sejumlah daerah di Bumi akan menjadi lebih basah karena pemanasan global, daerah lain akan mengalami kekeringan serius dan gelombang panas. Afrika akan menerima bagian terburuk, dengan lebih banyak kekeringan di Eropa. Air telah menjadi komoditas langka di Afrika, dan menurut Intergovernmental Panel on Climate Change, pemanasan global akan memperburuk kondisi ini dan mengakibatkan konflik dan perang.

desertview

2. Konsekuensi ekonomi
Sebagian efek pemanasan global manusia takkan baik. Dan efek ini berupa satu hal bagi negara-negara di dunia: konsekuensi ekonomi. Badai menyebabkan kerusakan milyaran dolar, penyakit memakan uang untuk mengontrolnya dan konflik memperburuk hal ini.

nyse

1. Pencairan es kutub
Pencairan es kutub adalah bahaya dengan empat akibat.

Pertama, akan menaikkan permukaan laut. Terdapat 5.773.000 mil kubik air di es, glasier, dan salju abadi. Menurut National Snow and Ice Data Center, bila semua glasier mencair hari ini, laut akan meningkat sekitar 230 kaki (70 meter). Untungnya, ini tidak akan terjadi secara langsung! Tapi permukaan laut akan naik.

Kedua, kutub meleleh akan membawa ekosistem global tidak seimbang. Kutub merupakan air segar, dan ketika mencair, air tersebut akan menawarkan lautan, atau dalam bahasa yang halus – membuatnya kurang asin. Desalinisasi arus teluk akan “mengganggu” arus laut, yang mengatur suhu. Penghentian arus akan mendinginkan daerah di timurlaut Amerika dan Eropa Barat. Untungnya, ini akan memperlambat efek pemanasan global lain di daerah itu!

Ketiga, kenaikan suhu dan perubahan lanskap di lingkaran Arktik akan mengancam beberapa spesies hewan. Hanya spesies yang mampu beradaptasi yang akan selamat.

Keempat, pemanasan global akan menghilangkan salju dan es. Es berwarna putih, dan memantulkan sinar matahari, yang kebanyakan dikirimkan kembali ke luar angkasa, terus mendinginkan Bumi. Bila es meleleh, satu-satunya pemantul ialah samudera. Samudera yang lebih gelap akan menyerap sinar matahari, dan menghangatkan Bumi.

icecapmelt

Jadi apa solusinya? Apakah kita hanya berpikiran negatif? Apakah ada dampak positif pemanasan global?

Sumber tulisan: environmentalgraffiti.com

About these ads

20 Oktober 2009 - Posted by | Amerika Serikat, Dunia, Geografi, Kesehatan, Perancis, Politik | , , , , ,

3 Komentar »

  1. thanks infonya

    Komentar oleh Budi | 28 Desember 2009 | Balas

  2. baik sekali.. itu karna ulahc tngan kta ndiri..

    Komentar oleh dieand an'x spensama | 5 Februari 2012 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 33 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: