For Your Information

Let's make our world a better place.

Kemacetan Terpanjang di Dunia

Letak: Autoroute antara Lyon dan Paris, Perancis Mungkin [menurut saya] ini merupakan bencana lalu lintas terburuk sepanjang sejarah. Tanggal 16 Februari [tanggal ketika artikel yang Anda baca saat ini dibuat] 1980, terjadi rentangan kendaraan sepanjang 176 kilometer (109 mil) mengarah ke utara dari Lyon menuju Paris, Perancis. Kemacetan ini terjadi setelah semua orang beranjak pulang ke rumah mereka ketika musim liburan berakhir disertai cuaca buruk di beberapa wilayah. Karena besarnya skala kemacetan ini, sebagian besar orang yang terjebak dalam bencana ini harus menetap di kendaraannya selama 1 hari. Sehingga mereka pun terpaksa meninggalkan aktivitas sehari-hari.

paris-lyon

465 km dari Lyon ke Paris. Kemacetan terpanjang ini mungkin hanya seperempat dari jarak Autoroute Lyon-Paris. (klik gambar untuk memperbesar)

176-km

Perbandingan jarak 176.00 km, kira-kira dari pusat Monumen Nasional, Jakarta menuju suatu daerah di dekat Cirebon, Jawa Barat. (klik gambar untuk memperbesar)

Jadi, Jakarta yang dikenal karena kemacetan pun masih kalah ketimbang Paris, yang sampai saat ini pun terus mencetak rekor kemacetan baru setiap musim liburan. Bayangkan saja jarak 176 km ini, sama seperti mengarungi Banda Aceh – Lhokseumawe tanpa henti selama 5 jam!

16 Februari 2009 - Posted by | Geografi, Pariwisata, Perancis, Transportasi, Unik | , , , ,

15 Komentar »

  1. wuh…budaya macet nih….

    Komentar oleh mudha | 20 Februari 2009 | Balas

  2. Jee. Saya sudah lebih dulu mempublish artikel ini. Tapi tak apalah. Saya juga mengutip blog anda dan anda juga mengutip artikel ini.

    Komentar oleh James British | 24 Februari 2009 | Balas

  3. Masih mendingan di paris daripada di jakarta. Di paris cuma pas liburan doank. kalo di jakarta setiap hari. Kalo pas liburan sepi.

    Komentar oleh harry | 26 Februari 2009 | Balas

  4. bener tu…masih mendingan di paris daripada di jakarta.selain macetnya tiap hari juga panas kelamaan kena macet!beda ma di paris,meski macet kan masih bisa istirahat di mobil tanpa kepanasan…

    Komentar oleh Jack | 28 April 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: