For Your Information

Let's make our world a better place.

Penghilangan Puncak Pegunungan Appalachia

   

“Seperti kita memegang senjata dengan pelatuk ditarik dan tidak tahu kapan kita akan menembaknya.”

Salah satu bencana lingkungan dan hak asasi manusia terbesar dalam sejarah Amerika Serikat sedang terjadi di baratdaya ibukota AS, Washington, D.C. Di tambang batubara Appalachia, orang-orang, keluarga dan seluruh masyarakat diusir dari tanah mereka karena banjir, longsor dan ledakan yang diakibatkan oleh penambangan batubara dengan cara menghilangkan puncak gunung.

Penghilangan puncak gunung adalah jenis baru penambangan batubara yang dimulai di Appalachia tahun 1970-an sebagai perpanjangan teknik penambangan konvensional. Terutama, penghilangan puncak gunung dilakukan di West Virginia, Kentucky, Virginia and Tennessee. Perusahaan batubara di Appalachia terus menggunakan metode ini karena dapat seluruhnya mengeluarkan batubara sementara menurunkan jumlah pekerja yang dibutuhkan sebagaimana metode konvensional.

   

Penghilangan puncak gunung melibatkan memotong hutan kayu keras asli, menggunakan dinamit untuk meledakkan wilayah sejauh 800-1000 kaki, dan kemudian membuang limbahnya ke lembah terdekat, biasanya menimbun aliran sungai. Sementara kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh praktik ini sangat buruk, keluarga dan masyarakat dekat situs penambangan ini dipaksa pergi dengan peledakan yang terus berlanjut dari operasi penambangan yang dapat dilakukan sekitar 300 kaki dari rumah mereka dan beroperasi 24 jam sehari. Keluarga dan masyarakat dekat situs penambangan ini juga terkena dampak dari debu dan serpihan, banjir yang meninggalkan ratusan orang tewas dan ribuan orang kehilangan tempat tinggal, dan kontaminasi suplai air minum mereka.

Di kabupaten-kabupaten di Appalachia tengah, yang merupakan salah satu yang termiskin di AS, rumah terkadang hanya satu-satunya aset yang dimiliki. Operasi penambangan telah merusak raturan rumah jauh dari perbaikan dan nilai rumah dekat situs penghilangan puncak gunung sering jatuh hingga 90%. Yang paling buruknya lagi, penghilangan puncak gunung tidak hanya mengancam orang-orang, hutan dan pegunungan Appalachia tengah, tapi juga budaya yang sangat berpengaruh di daerah itu. Perusahaan batubara selalu mengklaim bahwa penghilangan puncak gunung sangat menguntungkan bagi masyarakat, ekonomi dan lingkungan, tapi faktanya tidak ada.

Sampai Anda membaca kalimat ini pun penambangan batubara di Appalachia terus berlangsung. Jadi, jangan sampai hal ini terjadi di hutan-hutan Indonesia.

Artikel ini adalah bagian dari kampanye satu bulan untuk Earth Hour 2009.

7 Maret 2009 - Posted by | Amerika Serikat, Geografi, Politik | , , ,

2 Komentar »

  1. dari mana asal pegunugan appalachia

    Komentar oleh dea | 30 November 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: