For Your Information

Let's make our world a better place.

Amazon: Sebelum dan Sesudah (1)

Di negara bagian Mato Grosso, Brazil, Hutan Hujan Amazon yang hijau mulai dijejaki jalur hijau pucat dan tanah deforestasi. Tahun 2005, pemerintah Brazil mengatakan 48 persen deforestasi Amazon yang terjadi tahun 2003 dan 2004 berlangsung di Mato Grosso.

Transformasi dari hutan ke pertanian dapat dibuktikan dalam gambar tersebut, diambil oleh Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer (MODIS) dari satelit Terra NASA. Gambar paling atas diambil tanggal 28 Juni 2006, sementara gambar tengah tanggal 17 Juni 2002. Peta bawah memperlihatkan perbedaan wilayah deforestasi sepanjang periode itu, dengan sejumlah wilayah yang paling banyak ditebang berwarna merah. Di peta ini, daerah yang tidak berhutan (alami atau telah ditebang) tahun 2002 berwarna abu-abu terang, sementara daerah yang berhutan tahun 2006 berwarna abu-abu gelap. 

Meskipun sejumlah deforestasi adalah bagian dari rencana pemerintah untuk membangun industri pertanian dan kayu, deforestasi lain adalah hasil dari penebangan dan penyelundupan ilegal. Pemerintah Brazil menggunakan gambar MODIS seperti ini untuk mencari deforestasi ilegal. Karena hutan ini sangat besar dan sulit diakses atau dipantau, gambar satelit dapat memberikan peringatan awal yang memberitahu pemerintah dimana tempat untuk mencari aktivitas penebangan ilegal. 

Gambar ini dibuat oleh MODIS Rapid Response Team, yang menyediakan gambar 2006 dan 2002 dalam berbagai resolusi, termasuk resolusi maksimum MODIS hingga 250 meter per piksel.

Gambar NASA bersumber dari MODIS Rapid Response Team di Goddard Space Flight Center. Peta oleh Robert Simmon.

Artikel ini adalah bagian dari kampanye satu bulan untuk Earth Hour 2009.

13 Maret 2009 - Posted by | Geografi, Politik | , ,

1 Komentar »

  1. Ternyata manusia memang buas.

    Komentar oleh Singal | 14 Maret 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: