For Your Information

Let's make our world a better place.

10 Hal yang Bisa Dilakukan Keluarga Selama Earth Hour 2009

Pada 28 Maret 2009 jam 20.30, jutaan manusia di seluruh dunia akan mematikan lampu mereka selama satu jam — Earth Hour — untuk mendemonstrasikan keprihatinan pada planet tempat kita tinggal. Aksi ini juga merupakan salah cara untuk mengirimkan seruan kepada para pemimpin kita untuk segera bertindak guna mengatasi perubahan iklim.

Di bawah ini beberapa ide mengenai hal-hal yang bisa dilakukan dalam gelap bersama keluarga:

1. Matikan lampu, komputer, televisi, video game dan pemutar CD. Nyalakan beberapa lilin. Gunakan waktu tersebut untuk menceritakan hal-hal lucu tentang anak-anak Anda ketika baru lahir, tentang bagaimana orang tua awalnya berkenalan dan tentang kakek nenek mereka. Atau dengarkan anakanak Anda bercerita kepada Anda mengenai bagaimana mereka dapat mengubah dunia jika mereka bisa.

2. Ajak anak-anak untuk membuat makan malam menggunakan bahan-bahan yang bukan hasil impor atau bahkan bahan organik. Makan malam keluarga dengan menggunakan cahaya lilin akan membuat malam terasa spesial. Kesempatan ini bisa digunakan untuk membicarakan lingkungan dan hal yang bisa kita lakukan menyelamatkan planet kita.

3. Ijinkan anak-anak Anda untuk menyelenggarakan pesta “tanpa lampu” bersama teman-teman mereka sambil makan pisang goring, rujak atau makanan lokal lainnya dengan ditemani cahaya lilin atau senter.

4. Undang tetangga-tetangga untuk pesta “tanpa lampu” dan sajikan makanan dan minuman lokal dan tanpa menggunakan kantong plastik & styrofoam, yang dipilih berdasarkan masukan dari anak-anak.

5. Mainkan permainan tebak-tebakan, kartu, atau ular tangga bersama keluarga sambil ditemani cahaya lilin.

6. Biarkan anak-anak Anda melakukan penelitian sebelumnya mengenai apa yang dilakukan keluarga pada “masa lampau” sebelum adanya listrik. Apakah akan seperti Laura Ingalls dalam “Little House in the Prairie” atau Abraham Lincoln dalam kabin kayu? Bagaimana keluarga pada masa itu bersenangsenang di malam hari?

7. Berkemah di halaman rumah dengan kantong tidur ditemani cahaya lilin atau api unggun. Buat minuman teh atau susu coklat panas beserta jagung bakar.

8. Bermain tebak-tebakan bayangan senter atau berbagi cerita seram.

9. Pergi keluar rumah atau naik ke atas loteng untuk melihat langit dan bintang.

10. Ambil foto atau video bagaimana kamu dan keluarga menghabiskan waktu pada Earth Hour dan jadikan foto dan video keluarga anda sebagai inspirasi orang lain dengan mengirimkannya ke halaman TAKE ACTION di www.earthhour.org/indonesia klik FacebookFlickr atau YouTube. Dan, jangan lupa ceritakan kisah seru keluarga Anda dengan mengirimkan artikel ke tim Earth Hour Indonesia di climate@wwf.or.id

Join us. Turn off. Take action.

26 Maret 2009 - Posted by | Dunia, Geografi, Unik | , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: