For Your Information

Let's make our world a better place.

Harta Karun yang Tak Pernah Ditemukan (1)

ark of the covenant

Ark of the Covenant

Menurut sejarah Israel kuno, Ark of the Covenant adalah benda paling suci di Bumi. Benda paling pusat dan paling utama bagi bangsa Yahudi, peti ini, menurut Injil, dirancang oleh Tuhan.

Panjangnya 44 inci, lebar 26 inci, dan tinggi 26 inci, peti ini dibuat dari kayu akasia, dilapisi luar dalam oleh emas murni, dan dikelilingi oleh bingkai emas artistik. Di atas tutup emasnya terpasang dua cherubim emas yang saling berhadapan, dengan kepala ke bawah dan sayap terbentang ke atas.

Ark ini berperan sebagai arsip suci relik-relik sakral, termasuk dua papan batu bertuliskan Sepuluh Perintah Tuhan. Sebagai harta bersejarah dan religius, Ark dan isinya sangat tak ternilai.

Di tahun 607 SM, Jerusalem, ibukota kerajaan Judea dan tempat berdirinya Kuil Solomon, dimana Ark ini diletakkan, dikepung dan dihancurkan oleh bangsa Babilonia. Dalam pembantaian yang kejam, lebih dari sejuta orang tewas, dengan warga yang selamat ditangkap.

ark of the covenant side

70 tahun kemudian, ketika bangsa Israel kembali untuk membangun kota ini dari awal, Ark of the Covenant tiba-tiba menghilang. Apa yang terjadi pada relik tak ternilai ini telah menjadi subyek spekulasi sejak itu.

Dipercayai bahwa Ark ini disembunyikan oleh bangsa Yahudi agar tak jatuh ke tangan Babilonia. Lokasi yang mungkin untuk menyembunyikannya membentang dari Gunung Nebo di Mesir hingga Ethiopia ke sebuah gua di jantung Judea. Bila memang Ark disembunyikan, mengapa tidak dikeluarkan kembali ketika bangsa Israel kembali ke Jerusalem dan membangun kuilnya?

Lainnya percaya bahwa Ark dihancurkan oleh bangsa Babilonia penjajah. Ada juga orang-orang yang menyatakan bahwa Tuhan memindahkan Ark agar tetap terjaga selamanya.

15 Juni 2009 - Posted by | Dunia, Geografi, Unik | ,

2 Komentar »

  1. peti perjanjian lama[nasrani],,jg dikisahkan dlm al-qur’an..
    q pernah liat tayangan discovery channel yg ngulas tentang benda ini,,,keberadaannya memang sampai sekarang tidak diketahui,,,wallahualam

    Komentar oleh tirzafalca | 31 Juli 2009 | Balas

  2. Memang ada kudengar hal yg gituan..

    Aq jg da pernah liat benda d photo itu sbuah game yg populer dan berdasarkan sejarah , Assassin creed

    ada k kuil solomon jg

    Komentar oleh Zufar | 8 Agustus 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: