For Your Information

Let's make our world a better place.

Harta Karun yang Tak Pernah Ditemukan (2)

amber room

Ruang Amber

Dianggap sebagai keajaiban dunia kedelapan bagi siapapun yang melihatnya, Ruang Amber adalah harta karun hilang yang paling unik dalam sejarah.

Berupa ruangan seluas 11 kaki persegi dengan panel dinding besar dengan beberapa ton amber yang didesain khusus, cermin berbingkai daun emas, dan empat mosaik Florentine. Diatur menjadi tiga bagian, amber ini dipenuhi permata bernilai, dan lemari kaca yang berisi salah satu koleksi karya seni paling berharga yang pernah dibuat di Prusia dan Rusia.

Dibangun untuk Raja Friedrich I dari Prusia dan diberikan pada Tsar Peter Agung dari Rusia pada tahun 1716, dipamerkan di Istana Catherine, dekat St. Petersburg. Hari ini, Ruang Amber bisa bernilai lebih dari $140 juta.

Ketika Adolf Hitler melakukan serangan ke Rusia, para penjaga Ruang Amber mulai gelisah.

amber room visitors

Mereka mencoba memindahkannya, tapi sangat rapuh, sehingga mereka membungkusnya. Mereka tak berhasil ketika Nazi menyerbu Leningrad (kemudian St. Petersburg) pada Oktober 1941, mereka mengaku telah memamerkannya di Kastil Königsberg Castle selama masa-masa perang.

Tetapi, ketika Königsberg menyerah pada April 1945, harta yang sangat masyhur ini menghilang begitu saja. Ruang Amber tak pernah terlihat lagi. Apakah Soviet terpaksa menghancurkan harta mereka dengan bom?

Tersembunyi di bunker bawah tanah di luar kota? Ataukah hancur ketika Kastil Königsberg dibakar setelah kota ini menyerah?

Kita takkan pernah tahu. Bagi para pecinta barang antik, Ruang Amber telah dibangun ulang dan dipamerkan di Istana Catherine.

20 Juni 2009 - Posted by | Dunia, Geografi, Pariwisata, Unik | , , , ,

1 Komentar »

  1. bikin penasaran aja…

    Komentar oleh imam santoso | 10 Mei 2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: