For Your Information

Let's make our world a better place.

Pulau Sentinel Utara

North Sentinel Island location

Sumber: Google Maps dengan perubahan (klik gambar untuk versi besar)

Letak: Kepulauan Andaman dan Nikobar, India

Kita mengenal kontak suku, yaitu ketika manusia modern seperti kita melakukan kontak pertama kali dengan suku-suku pedalaman yang belum pernah mengenal dunia luar. Malah dunia luar yang berkenalan dengan mereka. Tetapi, di Pulau Sentinel Utara ini, jangan pernah coba-coba melakukan kontak suku, mereka tak segan-segan membunuh Anda.

Tanpa keraguan apapun, pulau paling menakjubkan di seluruh Kepulauan Andaman dan Nikobar ini ialah Pulau Sentinel Utara yang misterius, sebuah pulau jauh dari peradaban luar dan bangsa India. Suku Sentinel Utara dianggap sebagai suku paling terisolasi di muka Bumi ini. Banyak usaha oleh pihak kesukuan Andaman untuk melakukan kontak dengan suku Sentinel Utara disambut dengan sekumpulan jawaban jelas berupa panah. Wow! Karena itu, pemerintah India menghentikan usaha mereka untuk mengontak suku ini. Tahun 2006, para pemanah Sentinel membunuh dua nelayan yang secara ilegal memancing di dekat pulau tersebut. Sudah jelas bahwa orang-orang ini ingin ditinggal sendiri.

Inilah kisahnya…

NSentinel closeup

Sumber: Google Maps dengan perubahan (klik gambar untuk versi besar)

Berhari-hari setelah bencana tsunami 2004, ketika kehancuran dan ketakutan besar menyeruak di pulau-pulau di Samudera Hindia, nasib suku-suku di Kepulauan Andaman masih menjadi misteri.

sentinelese_arrow

Foto yang memperlihatkan pada dunia bahwa mereka selamat dari tsunami tahun 2004, meskipun pada waktu itu nasibnya belum diketahui.

Tampaknya sangat tidak mungkin, bahwa para penduduk asli pulau Sentinel selamat, tinggal di sebuah pulau yang terpencil yang terletak langsung di jalur tsunami.

Ketika sebuah helikopter terbang rendah di pulau ini, seorang Sentinel berlari ke pantai, mengarahkan panahnya ke pilot dengan aba-aba mengatakan, ‘Kami tak ingin kalian di sini’. Sendiri dari puluhan juta orang yang terkena dampak bencana ini, penduduk Sentinel tak membutuhkan bantuan.

Mungkin tak ada manusia di Bumi yang lebih terisolasi daripada suku Sentinel. Mereka dianggap keturunan langsung dari populasi manusia pertama yang bermigrasi dari Afrika, dan mungkin telah tinggal di Kepulauan Andaman selama lebih dari 60.000 tahun. Faktanya, bahasa mereka sangat berbeda dari suku-suku Andaman lainnya yang berarti mereka hanya sedikit berhubungan dengan dunia luar selama ribuan tahun.

Ini tidak berarti mereka tinggal sebagaimana 60.000 tahun yang lalu. Seperti ‘Zaman Batu’, tapi mereka membuat perkakas dan senjata dari besi, yang mereka ambil dari bangkai kapal di sekitar pulau.

Sentinel beach

Suku Sentinel Utara yang menyerang para pendatang.

sentinelese_man

Dalam video kontak oleh pemerintah India, penduduk Sentinel Utara terlihat sehat, padahal baru mengalami bencana tsunami.

Ketika tsunami 2004 terjadi, tidak jelas nasib suku ini, tetapi…

Penduduk suku ini sangat terlihat sehat, tidak seperti dua suku Andaman yang telah berhubungan dengan dunia Barat, yaitu Onge dan Andaman Besar, yang peradabannya hampir hancur dan sekarang sangat bergantung pada bantuan negara hanya untuk bertahan hidup.

Kita pun masih tidak tahu bagaimana mereka selamat dari bencana besar itu. Menurut gambar NASA, karang koral di sekitar pulau berubah sejak tsunami menyerang Kepulauan Andaman. Menurut dunia mereka mungkin punah, tapi sebenarnya masih ada.

Tidak hanya mereka saja, di dunia ini, masih ada ratusan suku yang tidak ingin berhubungan dengan dunia luar. Ada di antara mereka adalah korban penyiksaan para penjajah, yang kemudian melanjutkan kehidupan mereka, dan tak ingin berhubungan lagi dengan dunia luar.

Ingin lihat bagaimana penduduk Sentinel menyerang kru National Geographic? Saksikan video berikut ini:

“Gambar-gambar tersebut adalah bukti lebih jauh bahwa suku yang belum terkontak masih ada. Dunia harus sadar akan hal ini, dan menjamin bahwa teritori mereka dilindungi sesuai hukum internasional. Bila tidak, mereka segera punah.”

30 Juli 2009 - Posted by | Dunia, Geografi, Politik, Unik | , , , ,

7 Komentar »

  1. Keren!!

    Kenapa Indonesia ga ambel pulau sentinel??

    jawabnya mudah, karena Indonesia dah senang ma Slavinsky duluan. Jadi,karena da punya Slavinsky, pulau tu g perlu lagi.

    HAHAHAHAHAHA!!!!!!!!!!!

    Komentar oleh GJT | 8 Agustus 2009 | Balas

    • alahai dahlin, bangsamu itu (india) yg jajah duluan, hahaha (rasis banget yah)

      Komentar oleh Farras Octara | 8 Agustus 2009 | Balas

  2. Far, dapet dari mana?

    Komentar oleh Azmi1995 | 9 Agustus 2009 | Balas

    • lupa di mana, dah lama tau, tp baru dimasukin blog sekarang

      Komentar oleh Farras Octara | 9 Agustus 2009 | Balas

  3. likes this…:)

    Komentar oleh atik | 10 Agustus 2009 | Balas

  4. lasonu pulau sentinel kesini ko berkelahi sundala kau plua luar indonesia yg akan pernag nanti ok ..
    hidup indonesia ..

    Komentar oleh aris | 16 Juli 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: