For Your Information

Let's make our world a better place.

COP 15 Copenhagen



COP (Conference of Parties) 15 Copenhagen adalah nama lain untuk Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa 2009, diadakan di Bella Center, Copenhagen, Denmark yang berlangsung pada 7 Desember – 18 Desember 2009. Konferensi ini bertujuan sebagai tempat akhir bagi para pemimpin dunia untuk memutuskan diambilnya tindakan tegas terhadap pemanasan global dan perubahan iklim. Menurut Bali Road Map, bingkai kerja untuk mitigasi perubahan iklim setelah 2012 akan disetujui di Copenhagen. Presiden COP 15 Copenhagen ialah Connie Hedgegaard.

Kota Copenhagen, terkenal karena taman hiburan Tivoli Gardens, mungkin merasa seperti taman bertema iklim sekarang. Permukaan laut yang naik dicat di bus dan kereta api, poster kampanye dengan pesan harapan dan tekanan, dan contoh solusi hijau yang memberikan gambaran dunia baru yang indah. Visi tersebut dipaparkan ke depan mata kita. Sekarang kita harus bertindak dan membuatnya menjadi nyata. Inilah berbagai hal-hal penting dan unik yang menjadi bagian dari konferensi tersebut:

Film pembukaan COP 15 Copenhagen:



The People’s Orb

Diluncurkan di Sydney tanggal 2 Desember, The People’s Orb yang berisi hard drive sebesar 350 gigabyte akan berpindah ke sisi lain dunia sambil mengumpulkan cerita, suara dan gambar setiap orang yang meminta tindakan terhadap perubahan iklim. Tiba di Brussels tanggal 5 Desember, The People’s Orb akan menaiki Climate Express menuju Copenhagen untuk pembukaan konferensi perubahan iklim tanggal 7 Desember.

The People’s Orb akan terus mengumpulkan suara untuk Bumi hingga Earth Hour Copenhagen tanggal 16 Desember, ketika bola ini secara resmi diberikan pada perwakilan pemimpin dunia bersama dengan pesan penting yang dibawanya – ‘dunia meminta tindakan terhadap perubahan iklim, ini saatnya bagi para pemimpin untuk mendengar’.

Replika dokumen bersejarah ini akan disimpan di Museum Nasional Denmark sebagai kapsul waktu untuk generasi di masa depan untuk melihat kembali Konferensi Perubahan Iklim Copenhagen.



Climate Express – Sebuah kereta api yang dipenuhi garis hijau mengangkut 450 petinggi PBB, delegasi, aktivis iklim dan jurnalis dari Brussels menuju konferensi perubahan iklim di Copenhagen pada hari Sabtu untuk melambangkan usaha mengurangi jejak karbon di Bumi.

Kereta lain juga berangkat dari ibukota Eropa lainnya, dan salah satunya menyelesaikan perjalanan dari Kyoto, Jepang, melintasi Cina dan rute Trans-Siberia melewati Rusia. Sebagian besar dari 15.000 orang peserta  konferensi dua minggu yang dibuka hari Senin ini akan tiba menggunakan pesawat terbang dari berbagai belahan dunia.

Perjalanan melintasi Belgia, Jerman dan Denmark ditujukan untuk menekankan apa yang dikatakan para penyelenggara kampanye untuk berpindah ke ekonomi karbon rendah dan lebih bergantung pada transportasi publik untuk mengurangi emisi buangan CO2. Uniknya, perjalanan menggunakan kereta Climate Express ini tidak mengeluarkan CO2, justru menggunakan tenaga listrik.



Earth Hour Copenhagen – Sebuah kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu, 16 Desember 2009, pukul 7 – 8 malam CET di Copenhagen, Denmark. Seluruh kota Copenhagen akan dipadamkan selama satu jam, sebagai simbol tindakan tegas terhadap perubahan iklim.

Dengan keinginan dunia yang menggerakkan keinginan politik para pemimpinnya, perjanjian perubahan iklim ada dalam genggaman kita.

5 Desember 2009 - Posted by | Dunia, Geografi, Pariwisata, Politik, Transportasi, Unik | , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: