For Your Information

Let's make our world a better place.

Boks Telepon Mojave

Boks Telepon Mojave sendirian di tengah gurun.

Pada suatu hari, di bawah sengatan matahari Gurun Mojave, berdirilah sebuah boks telepon yang sendirian, terus berdering dan berdering dan berdering…

Kriiiiing… kriiiiing…” Itulah suara yang mungkin Anda dengar bila sedang berkunjung ke Cagar Nasional Mojave. Suara itu datang dari sebuah boks telepon paling terpencil dan paling sendiriūüė¶ di Amerika Serikat. Sayangnya boks telepon ini sudah tidak ada lagi, dibongkar oleh pihak penyedia jasa telepon karena turis hanya mengunjungi struktur sendirian ini dan membuat cagar nasional tersebut seolah tidak berguna lagi.

Pada tahun 1990-an, seorang pria Arizona pergi ke Tacoma, Washington, untuk menonton sebuah pertunjukan band. Ketika tiba di sana, ia memperoleh sebuah majalah, dan di halaman ‘Letters to the Editor‘ ia membaca surat dari seorang pembaca di California. Sang pembaca tersebut menulis bahwa ia menemukan kata ‘telepon’ pada peta Gurun Mojave, di tengah antah berantah. Si pembaca mencari tahu ke sana, dan menemukan bahwa ada sebuah boks telepon berdiri sendiri di tengah gurun. Sebagai tambahan, si pembaca menambahkan nomor teleponnya: (619) 722-9969. Nomor wilayah yang sebenarnya adalah 714, sampai akhirnya diganti menjadi 619, kemudian 760 yang saat ini mengarah pada kota Baker, California. Pria Arizona ini tertarik dan terobsesi, dan legenda Mojave Desert Telephone Booth pun lahir.

Bagaimana boks itu bisa ada di sana?

Di pertengahan awal 1990-an, daerah barat dipenuhi oleh tambang di sana sini, menarik pemukim dari tempat jauh untuk mengambil kekayaannya dari Bumi. Negara bagian California memiliki program yang mewajibkan jasa telepon tersedia di tempat-tempat terpencil untuk keselamatan penduduk di daerah tersebut. Program ini menghasilkan sejumlah kecil ‘stasiun kebijakan’ – boks telepon berbayar di daerah yang Anda tidak akan pernah berpikir untuk menemukannya.

Boks Telepon Mojave yang kehilangan kacanya.

Boks Telepon Mojave terletak sekitar 120 kilometer di baratdaya Las Vegas, Nevada, di persimpangan dua jalan tanah, sekitar 24 kilometer dari jalan tol terdekat, Interstate 15, di daerah yang sekarang menjadi Cagar Nasional Mojave Timur. Boks ini dipasang di suatu waktu di tahun 1960-an, menggantikan boks sebelumnya yang terletak 48 kilometer jauhnya yang melayani operasi penambangan di dekatnya. Pada 1990-an, telepon ini masih sering digunakan oleh penduduk setempat, meskipun boks ini sudah lama kehilangan kacanya dan memperlihatkan tanda-tanda praktik target di masa lalu. Bagi banyak orang, itulah jasa telepon yang mereka miliki. Telepon putar yang asli digantikan dengan model tekan tombol tahun 1970-an, kode wilayahnya diganti tahun 1998.

Boks telepon dalam budaya masyarakat

Boks telepon paling terpencil di dunia‘ ini menjadi topik panas setelah nomor teleponnya disebarkan di Internet. Orang-orang yang penasaran akan menelepon siang dan malam sambil berharap seseorang akan menjawabnya. Pada beberapa waktu, deringan telepon ini dijawab oleh penduduk lokal, kadang dijawab oleh orang-orang yang penasaran yang mencarinya hanya untuk menjawab panggilan telepon acak. Karena terkenal di web, panggilan datang dari seluruh Amerika Serikat, bahkan seluruh dunia, dan tidak mengenal waktu siang dan malam.

Gambar diambil tahun 1983 atau 1984. Tugas Lapangan Departemen Geologi Universitas New Mexico. Prof. Ken Marher dan mahasiswa Brian Elias. (klik gambar untuk versi besar)

Keberadaannya dibayang-bayangi oleh kegiatan mempertaruhkan nyawa dan kaki untuk berjalan ke tengah gurun untuk menjawabnya! Aku sendiri sudah pergi ke sana dan benda tersebut berdering tanpa henti! Orang-orang dari seluruh penjuru Bumi yang melakukannya, dan rasanya senang sekali apabila ada seseorang di sana yang menjawabnya.

Pengunjung boks telepon ini menarik perhatian nasional, fenomena ini dilaporkan di surat kabar dan stasiun radio di seluruh AS. Bulan September 1999, CNN menceritakan kisahnya. Koresponden NBC, Roger O’Neil juga melakukannya, bahkan menjawab beberapa panggilan telepon ketika sedang merekam segmen acara tersebut. Mojave Phone Booth tidak pernah menjadi satu-satunya boks telepon terpencil, karena program stasiun kebijakan menempatkan beberapa telepon terpencil. Tapi ini yang paling terkenal.

Hilang, tapi tak Terlupakan

Sayangnya, Mojave Phone Booth menjadi korban kesuksesannya sendiri. Nomor tersebut diam-diam diputuskan tanggal 17 Mei 2000, dan boks ini sendiri menghilang tidak lama kemudian. Teleponnya dibongkar oleh sang pemilik, Pacific Bell atas permintaan National Parks Service (NPS), yang mengambil alih gurun ini pada 1994 dan menetapkannya sebagai Cagar Nasional Gurun Mojave. NPS mengatakan hal ini membawa dampak negatif terhadap lingkungan dan mengancam kehidupan liar setempat karena lalu lintas yang meningkat menuju boks telepon ini yang diakibatkan publisitas. Meskipun benar lalu lintas di daerah ini meningkat, tapi dampaknya terhadap lingkungan masih diperdebatkan dan bisa saja pembongkaran boks ini dilakukan atas keluhan penduduk lokal yang lelah mendengar keributan lalu lintas tanpa henti.

Inilah sisa dari boks telepon yang dulunya terkenal itu. Tempat di gambar ini sekarang sudah lenyap, termasuk pondasi dan pecahan kacanya.

Apapun alasannya, banyak orang kecewa melihat boks ini hilang, termasuk penduduk yang bergantung padanya untuk komunikasi. Pada September 2000, tidak ada jejak keberadaannya yang tersisa, termasuk pondasi dan pecahan kacanya sudah tidak ada lagi. Untuk sementara waktu, sebuah batu peringatan diletakkan di tempatnya, kemudian diperintahkan untuk dibongkar juga.

Boks ini masih hidup

Boks telepon ini telah menjadi inspirasi bagi berbagai referensi televisi dan film, ketika seseorang menelepon dari boks telepon terpencil di daerah gersang. Inilah inspirasi bagi film Mojave Phone Booth (2006), ditulis dan disutradari John Putch. Film ini menceritakan kisah beberapa tokoh yang kehidupan mereka bertemu di boks telepon yang misterius dan terpencil ini.

Mojave Phone Booth (2006; klik gambar untuk versi besar)

Mojave Phone Booth adalah topik dari acara dokumenter pendek berjudul Mojave Mirage tahun 2001. Film ini menampilkan rekaman lusinan orang yang menjawab telepon dan berbicara pada orang-orang dari seluruh dunia, dan dari situlah kita tahu untuk apa ini semua; kita dapat terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia secara acak. Kita takkan pernah tahu siapa yang akan menjawabnya atau percakapan apa yang akan terjadi, tapi inilah bagian dari hidup boks telepon ini.

Sumber tulisan: BBC h2g2
Sumber gambar:
Situs resmi Mojave Phone Booth

10 Januari 2010 - Posted by | Amerika Serikat, Dunia, Geografi, Pariwisata, Unik | , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: