For Your Information

Let's make our world a better place.

Drama Penyanderaan Pesawat Rusia di Kandahar

Foto asli pesawat Rusia yang dipaksa mendarat di Kandahar, Afghanistan.

Hari-hari pertama Februari adalah hari ketika tayangan perdana film aksi baru disiarkan di Rusia. Judulnya “Kandagar” (atau ”The Crew” dalam versi internasional) berdasarkan kota Kandahar di Afghanistan – ibu kota gerakan Taliban. Bisa saja ini film aksi biasa yang kisahnya berdasarkan alur cerita yang dibuat-buat. Sebuah pesawat angkut Rusia dibajak di Kandahar oleh sebuah pesawat tempur Afghan. Awaknya disandera selama lebih dari setahun dan mereka kabur dengan pesawat mereka sendiri yang telah beristirahat bersama mereka sepanjang waktu. Bisakah kisah tersebut menjadi kenyataan? Tanpa basa-basi, YA!

Alurnya didasarkan pada peristiwa yang benar-benar terjadi. 3 Agustus 1995 adalah hari ketika sebuah pesawat angkut Rusia melakukan penerbangan komersial reguler mengirimkan amunisi kepada pasukan Aliansi Utara (Northern Alliance) di Pangkalan Udara Bagram dekat Kabul. Terbang pada ketinggian 8 kilometer, pesawat ini disergap oleh sebuah jet tempur Mig-21 yang diterbangkan oleh pilot Taliban. Awak dipaksa mendarat di bandara Kandahar. Semua 7 awak kabin ditangkap dan dituduh melanggar kebijakan dalam negeri Afghanistan. Mereka dikurung di sebuah tempat perlindungan dekat rumah Gubernur dan dijaga ketat siang dan malam. Dua pilot dan lima awak terancam hukuman mati sesuai ajaran Islam. Tetapi, Taliban tidak perlu terburu-buru untuk membunuh semua “orang kafir” itu, juga tidak mengklaim apapun.

Pilot MiG-12 yang menyergap pesawat angkut Rusia tersebut.

Semua negosiasi Pemerintah Rusia, PBB dan AS untuk membebaskan para awak gagal. Setelah berbulan-bulan perundingan, pihak Taliban membolehkan kelompok diplomatik dan medis pertama untuk mengunjungi sandera. Rumor mengenai dokter Rusia yang akan mengunjungi Kandahar menyebar cepat dan banyak orang-orang Taliban memanfaatkan kesempatan langka ini untuk memperoleh bantuan medis berkualitas. Semua foto-foto direkam oleh salah seorang anggota kelompok yang mengunjungi sandera Kandahar.

Setelah enam bulan dalam kurungan, sandera dan negosiator mulai meyakinkan Taliban bahwa perawatan reguler terhadap pesawat yang dibiarkan di bandara perlu dilakukan. Pihak Afghan dengan jelas menyadari bahwa mesin seperti itu bernilai jutaan dolar dan memiliki nilai strategis bagi mereka. Setelah berbagai pertimbangan, mereka membolehkan 2-3 awak mengunjungi pesawat. Waktu berlalu dan perawatan pesawat menjadi hal yang biasa bagi Taliban yang tidak memunculkan adanya kecurigaan. Tahap selanjutnya adalah meyakinkan mereka bahwa perawatan menyeluruh yang melibatkan semua awak pesawat sangat dibutuhkan untuk pesawat yang telah berada di tempat terbuka selama hampir satu tahun.

Hadiah itu diberikan kepada para sandera pada tanggal 16 Agustus 1996 – 378 hari setelah dipaksa mendarat. Hari itu adalah hari Jumat – hari untuk beribadah dalam agama Islam. Pada siang hari, banyak penjaga yang mengawal sandera ke bandara pergi untuk shalat. Tujuh warga Rusia dikawal ke pesawat oleh tiga penjaga saja. Dengan berkata “Kami perlu menyalakan mesin”, para awak kabin menutup pintu pesawat dan melucuti para penjaga yang terkejut. Landasan terlihat sangat pendek bagi pesawat sebesar ini yang akan lepas landas, tapi komandan Vladimir Sharpatov, seorang pilot berpengalaman berhasil menerbangkan pesawat ini hingga ujung landasan. Ia tidak memutuskan terbang ke utara menuju Rusia. Ia tahu bahwa arah ke sana akan dipantau oleh pesawat jet Afghan. Jadi, jalur terbangnya diarahkan ke Iran dan Uni Emirat Arab. Sharpatov menerbangkan pesawat secara rendah agar radar Taliban tak dapat melacak mereka.

Enam hari setelah kabur, sebuah dekrit untuk memberi penghargaan kepada para awak pesawat ditandatangani – komandan dan pilot kedua diberi gelar Pahlawan Federasi Rusia (Hero of Russian Federation), 5 awak lainnya diberi Medali Keberanian (Order of Courage).

Inilah wajah sang pahlawan, komandan Vladimir Sharpatov ketika ditangkap & setelah melarikan diri:

Vladimir Sharpatov dalam penyanderaan.

Vladimir Sharpatov sehari setelah menyelamatkan diri.

Poster film Kandagar.

Film Кандагар (baca: Kandagar) produksi POCCИЯ (Rossiya) dirilis tanggal 4 Februari 2010 di bioskop di seluruh Rusia. Film ini dibintangi Alexandr Baluev dan Vladimir Mashkov dan disutradarai Andrey Kavun.

Film ini didasarkan pada kisah nyata tujuh pilot Rusia (5 di film ini), yang pesawatnya dibajak oleh Taliban di provinsi Kandahar, Afghanistan tahun 1995 dan awaknya disandera lebih dari setahun. Mereka mengalami siksaan, kelaparan, dipaksa masuk Islam, tapi ketujuh awak tersebut mampu menetralisir para penjaga bersenjata dan kabur dengan pesawat tersebut.

Pembuat film ini mengundang Vladimir Sharpatov, kapten pesawat tersebut dan menggunakan catatan harian dan ingatannya dalam film ini. Berikut trailer-nya:

Sumber: EnglishRussia.com – Kandahar Captives dan twitchfilm.net

5 Februari 2010 - Posted by | Dunia, Geografi, Politik, Transportasi | , , , , , , ,

6 Komentar »

  1. Kayakanya seru nih film nya.🙂

    Komentar oleh Fadli Idris | 6 Maret 2010 | Balas

    • iya, bisa dilihat dari trailer-nya🙂

      Komentar oleh Farras Octara | 6 Maret 2010 | Balas

  2. waw
    keren

    agak mirip ama film “STEALTH” tapi bedanya pilotnya d film ni d sandera 1 tahun lebih, kalo “STEALTH” enggak
    keren deh pokoknya….😀

    Komentar oleh Pertamax.Diesel | 6 Maret 2010 | Balas

  3. kamu kayaknya punya pengetahuan banyak soal film ea, owiya…
    pernah denger ga film tentang penduduk dunia pada masa yg akan datang, ceritanya disitu klo gak salah.. makin lama manusia yg lahir lebih sempurna dr manusia sebelumnya..
    jdy film itu memberikan gambaran masa depan penduduk dunia gak ada yg jelek lgy..aku penasaran filmnya… tau gak judulnya apa?? atw situs yg memuat soal itu..

    Komentar oleh Agnes | 17 Juni 2010 | Balas

    • hmm, setahu saya banyak sih film seperti itu, jadi saya kurang tahu

      Komentar oleh Farras Octara | 18 Juni 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: