For Your Information

Let's make our world a better place.

Earth Hour 2010

Setelah sukses dengan program Earth Hour 2009 yang diselenggarakan World Wildlife Fund tahun lalu dengan 1 milyar partisipan. Tahun ini WWF mengadakan lagi Earth Hour 2010 dengan target lebih dari 1 milyar orang memadamkan lampu selama 1 jam. Bangunan-bangunan terkenal di dunia seperti Colosseum, Menara Eiffel, Patung Christ the Redeemer, dan lain-lain, termasuk Bundaran Hotel Indonesia di Jakarta juga turut memadamkan lampu sebagai simbol melawan perubahan iklim.

Kalau tahun lalu, Earth Hour di lingkungan tempat tinggal saya masih biasa-biasa saja (hanya beberapa rumah yang bersedia ikut). Tahun 2010 ini, kampanye mulut-ke-mulut saya di Lhokseumawe agak memaksa, “daripada memadamkan lampu saja, lebih baik padamkan listrik seisi rumah.” (kesimpulan: 100% no electricity).

Tunggu dulu, bagi Anda yang baru mengenal “Earth Hour”, ikuti penjelasan di bawah ini:

1. Apa itu Earth Hour?

Earth Hour adalah salah satu kampanye WWF untuk memadamkan lampu dan peralatan listrik yang tidak perlu selama satu jam, yang kebetulan pada tahun ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Maret 2010 pukul 20.30 – 21.30 (waktu setempat).

Earth Hour berawal dari kampanye gabungan antara WWF-Australia, Fairfax Media, dan Leo Burnett di Sydney, Australia, untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 5% pada tahun 2007. Hasilnya, 2.2 juta warga Sydney (Sydneysiders) memadamkan lampu dan dampak yang dihasilkan seperti “mengusir” 40.000 mobil dari jalanan selama satu tahun penuh :O . Bayangkan kalau 1 milyar orang yang berpartisipasi, berapa juta mobil yang bisa kita “usir”.

Earth Hour 2009, Jakarta, Indonesia (sebelum)

Earth Hour 2009, Jakarta, Indonesia (sesudah)

2. Apa pengaruh Earth Hour?

Pada tahun 2008, 50 juta orang di 35 negara mematikan lampunya dalam aksinya mendukung Earth Hour.
Pada tanggal 28 Maret 2009, ratusan juta orang di lebih dari 4000 kota besar dan kecil di 88 negara di seluruh dunia mematikan lampunya mendukung Earth Hour. Earth Hour 2009 menjadi gerakan lingkungan terbesar dalam sejarah.

Earth Hour 2009, Las Vegas, NV (sebelum)

Earth Hour 2009, Las Vegas, NV (sesudah)

3. Apa tujuan Earth Hour 2010?

Tujuannya ialah menghemat energi sebanyak-banyaknya, bahkan setelah Earth Hour selesai. Kampanye ini juga mengingatkan kita agar selalu menghemat energi tidak hanya ketika Earth Hour atau kampanye-kampanye lainnya, tapi juga dibiasakan setiap hari.

Selain itu, juga ada keindahan di balik kegelapan. Apa itu? International Dark Sky Association mengatakan kita bisa melihat angkasa raya dengan mata telanjang apabila tidak ada polusi cahaya dalam jarak beberapa kilometer. Bila Anda dapat meyakinkan orang-orang sekitar untuk berpartisipasi dalam Earth Hour, mimpi itu bisa saja terwujud.

Bla bla bla… Stop Talking. Start Action!

Tunjukkan apa yang akan dan sudah dilakukan sebagai bukti dukungan kita terhadap upaya memerangi perubahan iklim. Satu jam tidak akan membuat Anda menderita, malah membawa ketenangan. Justru satu jam tersebut akan mengubah dunia Anda untuk selamanya. Lebih penting Ujian Nasional atau Earth Hour? Pikir dan pilih sendiri.

Ubah dunia Anda dalam 1 jam.
27 Maret 2010, 20.30 – 21.30

5 Maret 2010 - Posted by | Dunia, Geografi | , ,

2 Komentar »

  1. ga bisa ikutan
    pas sabtu lagi di perkemahan
    jadi ga tau apa yang harus dimatiin ^^

    Komentar oleh Pertamax.Diesel | 25 Maret 2010 | Balas

    • gapapa, Earth Hour cuma sekedar simbol untuk meningkatkan kesadaran manusia terhadap pemanasan global

      Komentar oleh Farras Octara | 25 Maret 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: