For Your Information

Let's make our world a better place.

10 Penjara Terburuk di Dunia

Contoh akibat dari kekerasan yang terjadi di dalam lingkungan penjara.

Pikiran tentang masuk penjara pastinya cukup menakutkan bagi semua orang, apalagi dengan cerita horor yang Anda baca di suratkabar dan buku dan yang Anda tonton di TV.

Penikaman, pembunuhan, kekejaman, pemerkosaan geng dan sejumlah horor lainnya disiarkan secara meluas oleh orang-orang yang telah menghabiskan waktu di dalam penjara. Tentunya, semua itu bukan kisah penjara yang dibuat-buat, karena Anda belum sering mendengar mengenai penjara seperti itu yang belum ada perubahan dari tahun ke tahun, tapi namanya akan tetap muncul sepanjang masa.

Penjara tertentu, tua dan baru, terkenal karena kekejaman dan dengan mudahnya membuat kisah horor itu menjadi kenyataan. Berikut adalah daftar 10 penjara terburuk di dunia.

1. ADX, Colorado – Inilah penjara paling hebat. Sejak dibuka tahun 1994, ADX bukan apa-apa selain tempat penyiksaan secara perlahan dan tidak manusiawi. Meskipun masih ada yang lebih buruk dari yang terburuk, pemrotes HAM dari seluruh dunia telah menargetkan gedung ini. Tahanan hanya dibolehkan keluar dari sel selama 9 jam setiap minggu dan jarang berinteraksi dengan orang-orang. Hanya sedikit sinar matahari dan Anda harus melakukan segalanya di dalam sel. Bila ada cara untuk menghancurkan harapan seseorang, maka ADX punya cara tersebut!

2. Penjara Militer Tadmor, Syria – Ini merupakan salah satu penjara paling brutal yang pernah ada. Penyiksaan, eksekusi dan kebrutalan yang tak terungkap berjalan di balik dinding-dinding tebalnya. Metode penyiksaan abad pertengahan juga dilaporkan terjadi. Orang tak bersalah maupun bersalah diseret dengan tali hingga mati, dipukuli sampai mati dengan pipa dan dicincang-cincang dengan kapak. Tetapi, ini belum seberapa dibanding dengan pembantaian 27 Juli 1980. Sekitar 500 tahanan dibunuh tanpa sebab oleh penjaga dan komandan. Ini merupakan pembantaian paling buruk yang pernah terjadi dalam jenisnya.

Situs reruntuhan kota Tadmor di Syria (penjara tidak terlihat di gambar ini).

Faraj Beraqdar, seorang penyair Syria, dan tahanan lima tahun, menggambarkan penjara militer Tadmor sebagai: “Kerajaan kematian dan kegilaan.” Human Rights Watch kurang memerhatikan hal ini tapi mengutuk fasilitas mengerikan ini. Badan ini menyimpulkan: “Penjara militer Tadmor terkenal di seluruh Syria karena penyiksaan brutal dan ekstrem… pelanggaran HAM berat terjadi di penjara militer Tadmor sejak awal 1980-an, mulai dari kematian karena disiksa hingga eksekusi dalam skala besar.”

3. Lembaga Pemasyarakatan Carandiru, Brazil – Pembantaian penjara, HIV, penyiksaan yang diizinkan… Apapun yang Anda bayangkan dari sebuah penjara, mereka punya semuanya. Seperlima dari 7.500 tahanan mengidap HIV dan mayoritas dari mereka tidak mengidapnya ketika pertama masuk melintasi gerbang penjara. Selain itu, bila mereka perlu melakukan bedah, maka lupakan obat bius. Tampaknya, obat bius adalah sesuatu yang sangat mewah, pasien pun dioperasi tanpa dibius. Malahan, mereka dibiarkan berteriak. Sampai saat ini masih ada pembantaian atau pemberontakan yang tentunya tidak terlalu menyakitkan.

4. Penjara La Sante, Perancis – La Sante terkenal karena jumlah korban bunuh dirinya, dengan 124 kejadian bunuh diri terjadi dalam tahun 1999 saja. Tahanan memakan racun tikus untuk keluar dari rasa tersiksa di sana. Beberapa tahanan menjadi budak, lainnya hanya meninggalkan sel selama 4 jam sehari dan kekejamannya begitu mengerikan. Blok penghukuman tidak diberi suplai air dan banyak yang dibiarkan di sana berhari-hari karena pelanggaran yang cukup ringan saja. Perlakuan ini tidak manusiawi bila kita bayangkan.

5. Penjara La Sabeneta, Venezuela – Dengan 1 penjaga bagi 150 tahanan di sini, pantas saja ini merupakan salah satu penjara terburuk di Bumi saat ini. Korupsi dan suap terus berjalan, dan itu cuma stafnya saja! Tahanannya lebih buruk dengan 624 tahanan terluka dan 196 dibunuh di balik dinding-dindingnya dalam tahun 1995 saja. Ya, semuanya terjadi dalam satu tahun! Tahun sebelumnya, 108 tahanan tewas dalam sehari ketika para tahanan terlibat dalam pertempuran senjata… antara mereka sendiri. Bagi saya, penjara ini bukan tempat yang baik.

6. Rikers, New York – 5 tahun yang lalu, penjara ini bisa jadi menempati nomor 1 dalam daftar ini, tapi reformasi terkini telah memaksa pembaruan yang dramatis sehingga penjara ini sedikit lebih jinak dari sebelumnya. Contohnya, 70 penikaman yang terjadi setiap tahun saat ini dibandingkan dengan 1.000 penikaman setiap tahun satu dasawarsa yang lalu. Kekejamannya sangat legendaris dan penjaga melaporkan bahwa mereka hidup gelisah. Meskipun bukan ini lagi kasusnya, tapi hantu yang akan menghantui penjara ini selamanya.

7. Penjara Diyarbakir, Turki – Inilah penjara yang nyaman. Dengan anak-anak dipenjara seumur hidup dan penjaga menjadi otak di balik serangan terhadap penjara ini, sesungguhnya bukanlah penjara yang aman. Tahanan banyak yang dikelompokkan sebagai tahanan politik sehingga tidak memiliki hak apapun. Ini tampaknya terdengar seperti Era Kegelapan kecil, dan memang benar. Penjaga melakukan apapun sesuka hati, seperti serangan terhadap 33 tahanan tahun 1996 yang membuktikannya. 10 tewas dan 23 luka-luka, semuanya karena pihak berwenang.

8. Penjara Negara Bagian San Quentin, California – Sebagai salah satu penjara terkenal di dunia, San Quentin dikaitkan dengan kekejaman, eksekusi dan para kriminal terburuk di antara yang terburuk di California hingga saat ini. Penjara ini memiliki 1500 karyawan dan mereka masih belum bisa mengontrol para tahanan. Kerusuhan Februari 2006 adalah salah satu contohnya. Serangan rasial mengakibatkan 100 tahanan luka berat dan 2 tewas. Bukan ini saja insiden yang ada, tapi itu semua hanyalah contoh besar apa yang sedang terjadi di balik dinding-dindingnya.

Penjara San Quentin, California, dilihat dari udara.

9. Penjara Mendoza, Argentina – Bukanlah kekejaman yang perlu Anda khawatirkan di sini, tapi kondisi yang harus Anda jalani bila dikirim ke sana. Penjara ini seharusnya melayani 600 tahanan, tapi kenyataannya ada 1000 lainnya yang ada di penjara ini. Jadi, terlalu padat juga mengerikan. Tetapi bukan artinya Anda tidak mengalami penyiksaan yang padahal Anda akan mengalaminya pada suatu waktu.

10. Penjara Nairobi, Kenya – Sejumlah penjara sedang melakukan perjalanan menuju daftar penjara terburuk tidak hanya karena kekejamannya, tapi juga karena kondisi bahwa mereka mengurung tahanan pada tahun pertama dan tahun terakhir. Tahanan di sini diharuskan telanjang dan terinfeksi oleh penyakit mengerikan yang membunuh mereka perlahan. Terlalu padat tahanan berarti mereka tidak dapat bantuan medis yang dibutuhkan dan sebagian besar tewas secara tersiksa.

Nah, kalau penjara di Indonesia bisa dikatakan belum seberapa bila dibandingkan penjara-penjara di atas. Bahkan ada yang “lebih mewah”.😛

Sumber tulisan: tutztutz.com dengan tambahan dari beberapa sumber lainnya.

10 April 2010 - Posted by | Amerika Serikat, Dunia, Geografi, Politik | , , , ,

13 Komentar »

  1. [[Kamp Tahanan Teluk Guantánamo]] (http://id.wikipedia.org/wiki/Kamp_Tahanan_Teluk_Guant%C3%A1namo) bukannya yang terburuk ??

    Komentar oleh Kenrick | 1 Mei 2010 | Balas

    • yaa tergantung pendapat orang juga sih, kadang ada yang lebih buruk lagi (siksaannya)

      Komentar oleh Farras Octara | 4 Mei 2010 | Balas

  2. Wah, Cipinang (Jakarta Timur) ga masuk ya?

    Komentar oleh Azmi | 1 Mei 2010 | Balas

    • wuih, kalau cipinang masih kategori lokal

      Komentar oleh Farras Octara | 4 Mei 2010 | Balas

  3. guantanamo ga masuk ya??

    Komentar oleh fatah | 2 Mei 2010 | Balas

    • tidak, seburuk-buruknya guantanamo masih ada yang lebih buruk lagi

      Komentar oleh Farras Octara | 4 Mei 2010 | Balas

  4. wah, penjara Fox River di Prison Break kagak masuk gan?

    Komentar oleh Pertamax.Diesel | 2 Mei 2010 | Balas

  5. “Bagi saya, penjara ini bukan tempat yang baik.” >> 5
    emangnya penjara ada yang tempat ny baik ya? paling penjara korup, atau bgswan aj yg wah. y gag ?

    Komentar oleh ririn | 9 Mei 2010 | Balas

  6. mending penjara di indonesia..

    kejam gax kejam tergantung uang bozzz..

    yang banyak uang bisa mendapatkan fasilitas bak hotel bintang 5,televisi,ruang air condetioner,kasur empuk,telephone kabel,ada koki dan pembantu…dan engga ketinggalan ada indovision nya juga lho….

    Komentar oleh adit | 4 Oktober 2010 | Balas

  7. halo namasayaameliakenapapenjara

    Komentar oleh amelia.renata | 22 Desember 2010 | Balas

  8. parah

    Komentar oleh genta arya m. | 18 Agustus 2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: